Saturday 15 October 2011

Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat-obatan


Salah satu ciri mempunyai kolesterol tinggi adalah rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang. Menurunkan kadar kolesterol jahat ditubuh paling bagus dengan mengatur pola makan bukan dengan obat-obatan.

Makanan yang disarankan oleh ilmuwan adalah makanan dari kacang-kacangan seperti havermut, gandum, kedelai sebagai pengganti karbohidrat. Selain itu juga disarankan konsumsi makanan tinggi serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa makanan dari produk kedelai dan kacang-kacangan bisa berkontribusi menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg.

Partisipan yang memiliki pola makan sehat dan banyak mengonsumsi makanan penurun kolesterol memiliki kadar kolesterol jahat yang 13 persen lebih rendah, sedangkan orang yang mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh mengalami penurunan sebesar 3 persen.

"Hal yang utama disini adalah orang bisa menurunkan kolesterol melalui pola makannya jika ia memiliki hal tersebut dalam pemikirannya. Perubahan ini bisa membuat orang tak perlu menggunakan obat-obatan," ujar Dr David Jenkins, profesor nutrisi dan metabolisme di University of Toronto, seperti dikutip dari ABCNews, Rabu (23/8/2011).

Dr Jenkins membuat daftar gabungan makanan yang mungkin bisa memberikan keuntungan maksimal dalam menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular. Daftar tersebut termasuk rutin mengonsumsi kacang-kacangan dan tinggi serat dari gandum, barley serta sayuran. Dan juga mengganti mentega kaya sterol dengan produk berbasis kedelai.

"Mengganti lemak jenuh dari daging dan produk susu dengan lemak sehat dari kacang-kacangan dan kedelai akan memiliki manfaat yang lebih besar daripada mengganti daging merah dan produk susu dengan karbohidrat," ujar Dr Walter Willet dari Harvard School of Public Health.

Sebelum menyarankan penggunaan obat, dokter biasanya akan mendorong pasien dengan kolesterol tinggi untuk mengubah pola hidup dan gaya makannya. Jika langkah-langkah perubahan gaya hidup ini tidak berhasil, baru dokter akan meresepkan obat seperti statin yang berfungsi mengurangi produksi kolesterol di dalam hati.

Mengubah pola makan memang sulit, apalagi jika seseorang harus dijauhkan dari makanan kesukaannya. Tapi jika pasien bisa melihat hasil yang didapatkannya, maka kondisi ini akan menjadi hal penting yang membuatnya tetap termotivasi untuk meneruskan pola makan tersebut.

Jika kadar kolesterol Anda sedang tinggi untuk menurunkannya bisa mencoba tips berikut:
1. Sarapan pagi dengan havermurt merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol.
2. Jika ingin makan telur cukup putih telurnya saja.
3. Minum susu sapi tanpa lemak
4. Jika ingin makan daging pilihlah daging ayam atau bebek tanpa kulit, kelinci
5. Semua sayur-sayuran sangat bagus tapi jangan dimasak dengan santan. Ditumis atau jadi lalapan bisa jadi alternatif.

Makanan yang harus dihindari:
1. Mentega, goreng-gorengan. Jika memungkinkan sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau minyak canola.
2. Daging sapi berlemak, gajih sapi dan gajih kambing
3. Keju, sosis dan susu lemak tinggi
4. Udang, kepiting, kerang, siput dan belut memiliki kadar kolesterol yang tinggi

Makanan yang sebaiknya dipantang karena kolesterolnya sangat tinggi:
1. Cumi-cumi
2. Kuning telur
3. Otak sapi
4. Telur puyuh

Selain menjaga pola makan yang benar, seseorang harus melakukan olahraga secara teratur sesuai dengan target yang ingin dicapai. Olahraga yang dilakukan biasanya berhubungan dengan kardio seperti aerobik, lari atau treadmill dan dilakukan 3-5 kali dalam seminggu. Tidak merokok dan menghindari minum alkohol juga bisa membantu mengurangi kadar kolester

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews