Saturday 15 October 2011

3 Rumus Diet Agar Wajah Tidak Layu


BANYAK wanita melakoni pola penurunan berat badan yang keliru. Alhasil, wajahnya menjadi layu seiring susutnya bobot tubuh.

Menurunkan berat badan mungkin mudah, tapi ketika menjawab benarkah metode yang dijalani, sebagian akan masuk kategori "tidak tepat". Buktinya, kita tentu pernah melihat orang yang berhasil langsing, wajahnya tampak tidak cerah.

"Itu terjadi ketika orang turun berat badannya secara cepat, tapi tidak dijaga. Penuaan terjadi ketika orang gemuk yang kemudian kurus. Dalam prosesnya, lemak yang dibakar memicu terjadinya pelepasan radikal bebas. Inilah yang merusak kulit," terang dr Samuel Oetoro SpGK, ahli gizi RS Siloam Hospitals pada temu pemenang Bye Bye Big 2011 oleh Roche di Nan Xiang.
Karenanya, ditegaskan dr Samuel, penting bagi pediet untuk mengonsumsi sumber makanan antioksidan untuk menangkal radikal bebas atau racun yang dapat menjadikan kulit tampak layu. Sumber makanan antioksidan populer terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Konsumsi yang disarankan adalah lima jenis buah dan sayur setiap hari. Bila tidak dapat dipenuhi dari sumber alami, suplemen, dan vitamin bisa membantu.

Lebih lanjut, dr Samuel mengatakan bahwa terdapat tiga program pengaturan pola hidup bila pediet ingin sukses, meliputi pola makan, pola aktivitas, dan pola pikir.

"Hal pertama adalah menggali motivasi. Motivasi adalah sesuatu yang bila tidak bisa diraih, Anda akan menangis. Memang, butuh waktu lama untuk menggali motivasi, tapi ketika Anda menemukannya, menurunkan berat badan akan gampang," ulasnya.

Sementara, pola makan dikaitkan dengan rumus 3J (jumlah, jenis, dan jadwal); makan tiga kali sehari, membatasi makanan berlemak tinggi, dan porsi sesuai kebutuhan. Beberapa jenis makanan yang dibatasi, seperti sumber karbhohidrat simpleks, zat tepung (mi, kue, roti), gorengan, kuning telur, santan, keju, margarin, dan makanan tinggi lemak lainnya.

"Orang yang sudah tertanam mindset-nya, akan bisa bertahan dari godaan selama program diet. Terpenting adalah memahami makanan-makanan yang dilarang, jadi mereka terbiasa memilih," tambahnya.

Terakhir, aktivitas fisik. Jenis olahraga tepat untuk orang gemuk adalah aktivitas membakar lemak yang ringan tapi lama. Pembakaran lemak memerlukan waktu lama, karenanya lemak dapat terbakar sempurna bila lewat olahraga berdurasi lama.

"Lemak adalah penyedia tenaga. Di awal olahraga, tubuh mendapat tenaga dari gula. Ketika tubuh bergerak terus, gula berkurang, maka tenaga diambil dari cadangan protein. Selanjutnya ketika cadangan protein berkurang, tubuh akan mengambil tenaga untuk bergerak dari lemak. Makanya, olahraga yang membakar lemak tubuh dengan baik adalah olahraga yang ringan tapi lama

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews