Wednesday 19 October 2011

3 Tips Mendengar Lebih Baik

Mengapa ada orang memiliki daya pendengaran sangat tajam, sementara Anda sendiri tidak bisa membedakan antara bunyi suara mobil atau motor? Selain bakat, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kemampuan mendengar serta paparan suara yang diterima sehari-hari. Untuk dapat mempertajam pendengaran, para ahli menganjurkan Anda untuk melatihnya secara teratur. Inilah tiga hal yang bisa Anda lakukan agar daya dengar semakin tajam.

1. Dengarkan lagu secara khusus
Carilah lagu yang paling Anda sukai, lalu dengarkan dengan penuh perhatian, sambil berfokus pada salah satu instrumen tertentu. Misalnya, pada kali pertama mendengar, simak bunyi gitar. Setelahnya, simak bunyi drumnya. Menurut William Luxford, MD, dari House Ear Institute, Los Angeles, melatih telinga untuk membedakan bunyi dapat membantu otak mengenalinya kembali pada kesempatan selanjutnya. Dengan latihan teratur, daya pendengaran Anda akan makin tajam.

2. Gunakan alat khusus saat mendengar musik
Ingin menikmati alunan musik? Jangan hanya menggunakan earphone standar yang diberikan bersama MP3 player. Cobalah berinvestasi dengan membeli headphone khusus yang dapat memberikan kualitas suara yang lebih baik. "Headphone seperti ini akan membantu mereduksi suara bising di latar belakang, sehingga Anda dapat menikmati musik tanpa harus memutarnya pada volume yang tinggi," kata Sergei Kochkin, PhD, executive director dari Better Hearing Institute, Washington, DC.

3. Dengarkan suara-suara alam
Suara-suara seperti desiran laut, kicauan burung, atau bunyi peluit kereta api, dapat memberikan sensasi yang berbeda pada telinga Anda. Karenanya, sempatkan diri untuk sejenak beristirahat dari hiruk-pikuk suasana kota, lalu menginaplah di tempat peristirahatan yang tenang. Habiskan waktu dengan duduk tenang dan dengarkan suara-suara alam yang begitu indah. Atau, Anda bisa juga membeli CD yang berisi rekaman suara-suara alam.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews