Tuesday 18 October 2011

Mengenal Apa Itu CVS ??

CVS adalah COMPUTER VISION SYNDROME yaitu gangguan penglihatan pada mata akibat penggunaan komputer. Seseorang bisa mengalami CVS karena beberapa hal, salah satunya karena kondisi mata tidak begitu baik.

Pada keadaan normal, mata tidak menimbulkan keluhan, tetapi jika menggunakan computer baru muncul keluhan ini merupakan dasar terjadinya CVS. Disamping itu,menggunakan komputer tidak pada tempatnya seperti jarak yang terlalu dekat juga memicu CVS. Jarak ideal mata dengan computer sekitar 70 cm dengan posisi 10 – 20 cm lebih rendah dari mata.

Jadi kita melihat komputer itu dalam posisi seperti sedang berjalan santai, melihat kebawah.Tidak boleh lurus apalagi lebih tinggi. Karena dengan lebih tinggi itu air mata mudah menguap ini yang menimbulkan mata kering, posisi kelopak mata tidak dalam keadaan istirahat atau tegang.

Sindroma ini lebih mungkin dialami oleh orang-orang yang berusia 40 tahun keatas, sebab meski sudah menggunakan kacamat baca tapi kedua kacamata tersebut biasanya hanya untuk jarak kira-kira 30 cm, sedangkan jarak layar monitor sebaiknya 70 cm.Dengan demikian orang mengggerakkan punggung dan kepalanya untuk melihat dengan kacamata baca,sedapat mungkin jaraknya 30 cm padahal mestinya stabil dengan jarak 70 cm.


posisi yang benar didepan komputer

Faktor yang mempermudah timbulnya CVS adalah:

1.membaca dalam posisi horizontal (kertas atau buku) sekarang menjadi vertical (layar monitor)karenanya jangan meletakkan computer tegak lurus melainkan agak landai atau datar, selain itu tidak dianjurkan terlalu sering menggerakkan mata dan kepala, misalnya kalau memindahkan data, usahakan data tersebut didekatkan dengan monitor sehingga untuk melihatnya tidak perlu menggerakkan mata atau kepala cukup melihatnya dengan berkedip atau melirik sedikit saja.

2.Kondisi disekitarnya berantakan.
Kertas yang berserakan di meja depan computer juga memberikan efek silau dari pantulan cahaya computer.

3.Adanya kelemahan umum , misalnya orang tersebut memiliki penyakit- penyakit khusus, badan yang lemah, kekurangan vitamin, kurang fit , pekerja dengan computer dalam waktu yang lama

GEJALA CVS : 

1.Mata tegang atau mata lelah

2.Penglihatan ganda atau penglihatan kabur

3.Kepekaan terhadap cahaya atau mata silau


4.Keluhan mata kering, mudah merah


5.Keluhan sakit kepala biasanya didaerah frontal yang disebut dengan istilah sakit kepala oto tegang.


6.Sering mengeluh sakit leher dan sakit daerah punggung

Yang perlu diperhatikan , orang yang mengalami CVS emosinya sering darah tinggi atau menjadi sensetif. Kerugian lainnya produktivitas menurun.
Keluhan –keluhan itu umumnya menyerang pada malam hari ketika pekerjaannya selesai, karena siang harinya bekerja dengan computer dalam waktu yang lama.

CVS terjadi karena mata bekerja melampui batas-batas kesanggupan.Karena itu dianjurkan agar saat bekerja dengan computer selama 2 – 3 jam sebaiknya mengistirahatkan mata sekitar 3 menit dengan memejamkan mata atau melihat jauh sekali. Jangan memaksakan mata bekerja dalam waktu panjang terus menerus tanpa istirahat adalah diluar batas kesanggupan mata.

langkah pengobatan mengatasi gejala-gejala sindroma ini bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu :
1.Dengan penggunaan air mata buatan
2.Larutan pembersih lensa kontak yang dapat menjaga kelembaban mata.
3.Menggunakan kaca mata yang tepat.

Untuk yang sudah berumur 40 tahun gunakan kacamata untuk jarak komputer,bukan untuk jarak baca. Seperti jenis kacamata jenis progresif, yang bisa untuk jarak jauh, jarak dekat menengah seperti komputer, termasuk juga jarak baca.

TIP MENCEGAH CVS

1.Memeriksakan mata kalau memeng ada kelainan-kelainan,barangkali ada kelainan-kelainan tersembunyi yang hanya bisa diketahui oleh dokter mata.

2.Perbaiki cara kerja, biasakan bekerja secara sehat dengan istirahat cukup.

3.Atau pencahayaan yang tepat pada bidang tegak lurus dengan computer.

4.Pada orangtua diatas 40 tahun yang biasa menggunakan kacamata baca, sebaiknya menggunakan kaca mata untuk computer.

5.Gunakan tata cara penggunaan computer yang baik

6.Adanya waktu istirahat, atau minimal usahakan untuk berkedip lebih sering.

1 comments:

Anonymous said...

Terima kasih artikelnya :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews