Saturday 15 October 2011

AYOO !! Bakar Kalori dengan Mengayunkan Tangan Saat Berjalan


Jakarta, Berbagai cara dilakukan orang untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Tanpa disadari ada hal-hal sepele yang bisa membantu mengurangi kalori berlebih ini, salah satunya dengan mengayunkan tangan saat berjalan.

Saat ini sebagian besar orang memiliki tingkat kesibukkan yang tinggi sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk berolahraga dan membakar banyak kalori. Tapi dengan mengayunkan tangan sambil berjalan sudah turut membantu membakar kalori berlebih di dalam tubuh.

Mengayunkan lengan saat berjalan akan memberikan latihan aerobik yang lebih baik serta bisa membakar kalori hingga 10 persen lebih banyak, seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (25/8/2011).

Selain itu manfaat lain yang bisa didapatkan adalah saat mengayun lengan otot yang digunakan lebih banyak, membantu seseorang bernapas lebih dalam serta memiliki keseimbangan yang lebih baik sehingga mencegah terjatuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya tekuk siku hingga mencapai sudut 90 derajat dan mengayun menuju pusat tubuh, serta menjaga lengan agar selalu dekat dengan sisi tubuh.

Sedangkan jumlah kalori yang terbakar saat berjalan tergantung pada berat badan yang dimiliki. Misalnya orang dengan berat badan 81 kg akan membakar kalori sebanyak 180 kalori dalam waktu 1 jam jika ia berjalan dengan kecepatan 2 m/jam, sedangkan orang dengan 90 kg membakar 230 kalori dengan kecepatan yang sama.

Namun jika jalur yang tempuh menanjak atau berbukit maka kalori yang dibakar akan 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan jalan yang datar. Hal ini karena tubuh butuh energi ekstra saat berjalan.

Beberapa hal kecil lain juga diketahui bisa membakar kalori seperti makan dalam porsi kecil tapi sering (menjaga metabolisme lancar dan efisien) atau menurunkan suhu (tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk menjadi hangat)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews